Sleman. SMP Muhammadiyah 2 Depok (Muhadesta) menyelenggarakan acara pertemuan wali murid pada Sabtu, 23 Maret 2019. Bertempat di masjid Al-Arqam komplek SMP Muhadesta, acara pertemuan diawali dengan sambutan dari Kepala Sekolah. Dalam sambutannya, Hendro Sucipto, M.Pd menyampaikan pentingnya kolaborasi antara orangtua dan sekolah untuk pendidikan anak. “Bapak dan Ibu yang hadir pada pagi ini, kami dari sekolah memohon agar menyediakan waktunya untuk mengobrol dengan anak sepulang sekolah, supaya tahu apa saja yang dilakukan anak di sekolah,” kata Hendro.

Setelah sambutan Kepala Sekolah, acara dilanjutkan dengan pengajian parenting yang disampaikan oleh Diyah Puspitarini, M.Pd. Narasumber yang merupakan Ketua Umum Pimpinan Pusat Nasyi’atul ‘Aisyiyah ini menjelaskan tentang cara mendidik anak di era milenial. Ada ciri negatif dan positif dalam diri anak di era milenial ini. Ciri negatifnya adalah lebih individualis dari generasi sebelumnya, sedangkan ciri positifnya ialah berpikiran terbuka. Diyah menambahkan bahwa anak era milenial ini punya pandangan dan sikap sendiri yang kadangkala tidak mau didikte. “Maka orangtua bisa mendidik dengan cara membuat kesepakatan, katakanlah dalam hal penggunaan HP, berilah ruang untuk anak berpendapat, kapan waktu diperbolehkan, dan kapan waktu dilarang dengan disertai sikap tegas terhadap apa yang telah disepakati,” terang perempuan berkacamata ini.

Terkait pendidikan agama, Diyah menyampaikan pentingnya mengajarkan dan membiasakan ibadah bagi anak. Karena anak adalah anugerah Allah yang dititipkan kepada orangtua. “Beruntunglah bapak dan ibu yang menyekolahkan anak-anaknya di sekolah Muhammadiyah, karena disini ada pembiasaan ibadah,” tambahnya. Apa yang disampaikan oleh Diyah Puspitarini, M.Pd sesuai dengan pembiasaan siswa di SMP Muhadesta untuk salat dhuha, dzuhur, dan ashar berjama’ah. Di akhir pengajian, Diyah berpesan agar apa yang sudah dibiasakan di sekolah harus terus berlanjut di rumah dengan orangtua sebagai penggeraknya. Setelah pengajian selesai, acara pertemuan wali murid dilanjutkan dengan pembagian nilai hasil Penilaian Tengah Semester Genap oleh wali kelas. (gan)

 

 

muhadestaKABAR SEKOLAH
Sleman. SMP Muhammadiyah 2 Depok (Muhadesta) menyelenggarakan acara pertemuan wali murid pada Sabtu, 23 Maret 2019. Bertempat di masjid Al-Arqam komplek SMP Muhadesta, acara pertemuan diawali dengan sambutan dari Kepala Sekolah. Dalam sambutannya, Hendro Sucipto, M.Pd menyampaikan pentingnya kolaborasi antara orangtua dan sekolah untuk pendidikan anak. “Bapak dan Ibu...