Masalah time management merupakan hal umum bagi banyak orang. Banyak orang mengakui dan merasakan tentang perlunya time management, tetapi dalam kenyataannya mereka tidak memerhatikan dan menerapkannya. Tentang mengapa time management menjadi masalah bagi manusia, Salah satu permasalahanya  karena kurangnya keterampilan dan keberanian dalam mengembangkan dan menerapkan time management dalam kehidupan.

Time management yang baik sangat penting untuk mengatasi tekanan-tekanan dari zaman modern seperti saat ini tanpa mengalami terlalu banyak stres. Time management yang baik tidak berarti melakukan banyak pekerjaan, melainkan berfokus pada tugas setepatnya dan membuat perbedaan. Apakah di dalam pekerjaan atau di kehidupan secara keseluruhan, seorang harus belajar bagaimana mengelola waktu secara baik, yang akan membantu merasa lebih relaks, fokus, dan terkontrol.

Pada hari Senin 22 Februari 2021 kegiatan muhadesta menyapa melalui akun instagram nya @muhadestaofficial kembali hadir dengan pemateri Ibu Beti Rahayu,S.Pd. guru BK SMP Muhammadiyah 2 Depok, membawakan tema Time management: Menggunakan waktu secara efektif dan efisien. Seringkali kita selalu mengabaikan pengelolaan waktu, tanpa kita sadari dengan membuang-buang waktu melakukan hal yang tidak penting maka waktu yang kita miliki tidak digunakan secara efektif dan efisien, maka dari itu mari kita simak penjelasan mengenai time management yang baik dan benar.

Menurut Atkinson manajemen Waktu yakni sebuah keterampilan yang saling berhubungan dengan segala bentuk upaya dan juga tindakan individu yang dilakukan secara terencanan agar personal tersebut dapat memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Manajemen waktu adalah proses perencanaan dan pengendalian secara sadar terhadap waktu yang dihabiskan untuk kegiatan tertentu, terutama untuk meningkatkan efektivitas, efisiensi, dan produktivitas. Cara ini juga melibatkan tindakan menyeimbangkan berbagai tuntutan terhadap seseorang yang berkaitan dengan pekerjaan, kehidupan sosial, keluarga, hobi, minat pribadi dan komitmen dengan keterbatasan waktu.

Menggunakan waktu dengan efektif memberi seseorang kelebihan juga pilihan untuk mengelola kegiatan menurut keputusan dan kebijaksanaan mereka sendiri. Manajemen waktu biasanya selalu didukung oleh berbagai keterampilan, alat serta teknik yang digunakan untuk mengatur waktu ketika menyelesaikan tugas, proyek dan tujuan tertentu sesuai dengan tanggal deadline Berikut ini adalah manfaat dalam manajemen waktu yang benar :

  1. Meningkatkan produktivitas efisiensi dalam pekerjaan Sebuah manajemen waktu yang baik akan mampu membawa fokus dan perhatian pada target pencapaian. kita tidak lagi kebingungan dalam menentukan prioritas jika mempunyai manajemen waktu yang tersusun baik.
  2. Meningkatkan Kepuasan Pekerjaan dan Peningkatan Peluang Pekerjaan yang selesai tepat waktu dan sesuai tentu akan menambah rasa puas secara pribadi dan memberi lebih banyak kelebihan waktu serta peluang untuk mengeksplorasi peluang- peluang lain yang ada.
  3. Mengurangi Kadar Stress dan Tekanan Dengan tercapainya target pekerjaan dan ketepatan waktu dapat mengurangi beban kerja, stress juga tekanan. Disamping itu juga berpeluang untuk merevisi pekerjaan yang rasa kurang memadai dengan lebih cermat tanpa khawatir.
  4. Mencapai Target dan Tujuan Target yang diinginkan akan lebih cepat terealisasi dan sasaran yang hendak dituju menjadi jelas serta terselesaikan dalam waktu yang lebih singkat.

Keterampilan manajemen waktu mencakup berbagai keterampilan yang akan membantu  mengatur waktu dengan baik. Beberapa keterampilan manajemen waktu yang paling penting termasuk :

  1. Peorganisasian, Tetap teratur dapat membantu  mempertahankan gambaran yang jelas tentang apa saja yang perlu  selesaikan dan kapan. Menjadi terorganisir dengan baik bisa berarti mempertahankan penggunaan kalender jadwal yang konsisten, dengan begini  dapat menemukan dokumen-dokumen yang diperlukan dengan mudah, memiliki lingkungan yang rapi dan membuat catatan yang terperinci dan serta menjadi rajin juga disiplin.
  2. Prioritas, Menilai setiap tanggung jawab  dan membuat jadwal prioritasnya adalah kunci untuk menjadi manajer waktu yang baik. Ada banyak cara untuk memprioritaskan apa yang perlu  capai.  mungkin memutuskan untuk menyelesaikan pekerjaan yang cepat, mudah dan sederhana  kemudian diikuti oleh pekerjaan yang lebih lama dan menuntut ketelitian yang lebih tinggi. Atau  dapat memprioritaskan tugas  mulai dengan yang paling memakan waktu dan kombinasi keduanya.
  3. Menentukan tujuan, Menetapkan tujuan adalah langkah pertama untuk menjadi manajer waktu yang baik. Penetapan tujuan memungkinkan  untuk memahami tujuan akhir  dengan jelas dan apa yang harus  prioritaskan untuk mencapainya.
  4. Komunikasi, Mengembangkan keterampilan komunikasi yang kuat dapat memungkinkan  untuk membuat rencana dan tujuan  jelas bagi orang-orang yang bekerja dengan . Ini juga memungkinkan  untuk mendelegasikan kebutuhan yang memungkinkan  lebih fokus menyelesaikan tugas yang paling penting dan relevan yang selaras dengan sasaran .
  5. Perencanaan, Bagian mendasar dari sebuah manajemen waktu adalah perencanaan yang matang. Jadikan efisiensi  dalam merencanakan hari , rapat dan bagaimana  akan mencapai hal-hal akan membantu  tetap pada jadwal .
  6. Delegasi atau pembagian tugas, Menjadi pengatur waktu yang baik berarti hanya menyelesaikan pekerjaan yang akan membantu  dan perusahaan  mencapai tujuan. Meskipun keterampilan ini paling sering dilakukan oleh manajer,  juga dapat berlatih tugas pendelegasian tugas jika  mengelola proyek. Latih batasan, kemampuan dan pengaturan waktu  dengan tidak memaksakan pembagian tugas yang melebihi kapasitas  agar semua yang terlibat didalamnya berhasil mencapai tujuan yang sama.
  7. Mengendalikan stress, Ketika mempraktikkan manajemen waktu yang baik,  juga harus memperhatikan kesehatan mental . Menangani stres dengan cara yang positif dapat membantu  tetap termotivasi dan berkinerja baik saat menjalani jadwal . Banyak cara yang bisa  lakukan untuk mengistirahatkan pikiran dan tubuh  karena tubuh dan  pikiran yang sehat akan membantu  dalam mengerjakan pekerjaan

Cara Manajemen Waktu Yang Baik

  1. Membuat Daftar Agenda, Hal pertama yaitu membuat suatu daftar agenda, yang berisikan tentang berbagai poin-poin penting mengenai tugas yang harus dilakukan dan selesaikan dengan waktu yang telah ditentukan.
  2. Mengatur Prioritas utama, Agar waktu yang digunakan produktif, harus juga bisa mengatur apa yang menjadi Prioritas utama dibandingkan dengan kepentingan pribadi. Misalnya saja, lebih baik mengerjakan suatu tugas atau PR sekolah dibandingkan menonton film kesukaan.
  3. Belajar mengenali waktu produktif, Dalam keseharian, akan mengenali dimana suatu waktu produktif yang tepat. Jika telah mengenali waktu yang dipunya, kerjakanlah tugas-tugas tersulit. Karena di waktu produktif tersebut akan jauh lebih mudah mengembangkan pola pikir.
  4. Jangan menunda-nunda waktu, Waktu sangat berharga dalam hidup, jadi jangan pernah ditunda-tunda. Tugas yang seharusnya kamu lakukan, lakukanlah sekarang. Jangan biarkan waktumu terbuang dengan sia-sia saja.
  5. Fokus terhadap apa yang telah menjadi prioritas dan daftar agenda, Jika waktu telah terbagi dengan baik dan fokuslah terhadap apa yang telah menjadi prioritas utama dan daftar agenda yang telah kamu buat. Lakukanlah itu sebaik mungkin step by step.
  6. Abaikan gangguan yang ada disekitar, Supaya semua tugas-tugas yang telah dirincikan berjalan dengan efisien, jauhi dan abaikan berbagai gangguan-gangguan yang ada disekitarmu

 

Narasumber: Beti Rahayu, S.Pd.
Content Writer: Beti Rahayu, S.Pd.

INFO PPDB 2021/2022. Miss Lisa: 0856-5361-213

muhadestaBERITA SEKOLAHmuhadesta,muhadestajuara,muhadestamenyapa
Masalah time management merupakan hal umum bagi banyak orang. Banyak orang mengakui dan merasakan tentang perlunya time management, tetapi dalam kenyataannya mereka tidak memerhatikan dan menerapkannya. Tentang mengapa time management menjadi masalah bagi manusia, Salah satu permasalahanya  karena kurangnya keterampilan dan keberanian dalam mengembangkan dan menerapkan time management dalam...