Kurikulum
Struktur Kurikulum
Mata Pelajaran | |||
Kelompok A | |||
1. | Pendidikan Agama dan Budi Pekerti | ||
a. Pend. Aqidah-Akhlaq | |||
b. Pend. Al Quran-Hadits | |||
c. Pend. Fiqih | |||
d. Pend. Tarikh | |||
e. Bahasa Arab *) | |||
f. Kemuhammadiyahan *) | |||
2. | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan | ||
3. | Bahasa Indonesia | ||
4. | Matematika | ||
5. | Ilmu Pengetahuan Alam | ||
6. | Ilmu Pengetahuan Sosial | ||
7. | Bahasa Inggris | ||
Kelompok B | |||
1. | Seni Budaya (Seni Rupa dan Musik) | ||
2. | Pendidikan Jasmani, Olah raga, dan Kesehatan | ||
3. | Prakarya | ||
Muatan Lokal | |||
1. | Bahasa Jawa | ||
Pengembangan Diri | |||
1. | BK | ||
2. | Hizbul Wathan wajib*) | ||
3. | Tapak Suci wajib*) |
Keterangan:
a. *) Ciri khusus sekolah Muhammadiyah
- Bahasa Arab dan Kemuhammadiyahan dilaporkan di rapor khusus ISMUBA (Al Islam, Kemuhammadiyahan, dan Bahasa Arab).
- Hizbul Wathan dan Tapak Suci bagian dari pengembangan diri dalam bentuk ekstrakurikuler wajib bagi kelas 7 dan 8.
- Pendidikan Al Qur’an-Hadits aloksi waktunya adalah 3 JP, dengan rincian 1JP tatap muka dan 2 JP pendampingan/praktik (BTAQ)
- Pendidikan Fiqih aloksi waktunya adalah 3 JP, dengan rincian 1JP tatap muka dan 2 JP pendampingan/praktik (sholat Duha, sholat Duhur, Ashar, Sholat Jumat, dan keputrian)
b. Pengaturan alokasi waktu
- Waktu belajar efektif adalah 5 hari, yaitu Senin s.d Jumat.
- Alokasi waktu pembelajaran efektif 46-50 jam per minggu.
- Alokasi waktu satu jam pelajaran (1JP) adalah 40 menit.
- Layanan Bimbingan Konseling klasikal terjadwal dilaksanakan 1 jam pelajaran/minggu/kelas
- Kegiatan ekstrakurikuler wajib Hizbul Wathon (HW) setara 2 jam pelajaran dan Tapak Suci (TS) setara 2 jam pelajaran.
- Pengembangan diri melalui ekstrakurikuler bagi kelas VII dan VIII sesudah kegiatan pembelajaran dan hari Sabtu.
- Kegiatan perbaikan/remidi dilaksanakan secara insidental sesuai kebutuhan tiap mata pelajaran.
- Pendalaman materi pelajaran berupa pengayaan diberikan kepada seluruh peserta didik baik kelas VII, VIII, dan IX.