Struktur Kurikulum

Mata Pelajaran
Kelompok A
1. Pendidikan Agama  dan Budi Pekerti
  a. Pend. Aqidah-Akhlaq
b. Pend. Al Quran-Hadits
c. Pend. Fiqih
d. Pend. Tarikh
e. Bahasa Arab *)
f. Kemuhammadiyahan *)
2. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
3. Bahasa Indonesia
4. Matematika
5. Ilmu Pengetahuan Alam
6. Ilmu Pengetahuan Sosial
7. Bahasa Inggris
Kelompok B
1. Seni Budaya (Seni Rupa dan Musik)
2. Pendidikan Jasmani, Olah raga, dan Kesehatan
3. Prakarya
Muatan Lokal
1. Bahasa Jawa
Pengembangan Diri
1. BK
2. Hizbul Wathan wajib*)
3. Tapak Suci wajib*)

 

Keterangan:

  a. *) Ciri khusus sekolah Muhammadiyah

  1. Bahasa Arab dan Kemuhammadiyahan dilaporkan di rapor khusus ISMUBA (Al Islam, Kemuhammadiyahan, dan Bahasa Arab).
  2. Hizbul Wathan dan Tapak Suci bagian dari pengembangan diri dalam bentuk ekstrakurikuler wajib bagi kelas 7 dan 8.
  3. Pendidikan Al Qur’an-Hadits aloksi waktunya adalah 3 JP, dengan rincian 1JP tatap muka dan 2 JP pendampingan/praktik (BTAQ)
  4. Pendidikan Fiqih aloksi waktunya adalah 3 JP, dengan rincian 1JP tatap muka dan 2 JP pendampingan/praktik (sholat Duha, sholat Duhur, Ashar, Sholat Jumat, dan keputrian)

 b. Pengaturan alokasi waktu

  • Waktu belajar efektif adalah 5 hari, yaitu Senin s.d Jumat.
  • Alokasi waktu pembelajaran efektif 46-50 jam per minggu.
  • Alokasi waktu satu jam pelajaran (1JP) adalah 40 menit.
  • Layanan Bimbingan Konseling klasikal terjadwal dilaksanakan 1 jam pelajaran/minggu/kelas
  • Kegiatan ekstrakurikuler wajib Hizbul Wathon (HW) setara 2 jam pelajaran dan Tapak Suci (TS) setara 2 jam pelajaran.
  • Pengembangan diri melalui ekstrakurikuler bagi kelas VII dan VIII sesudah kegiatan pembelajaran dan hari Sabtu.
  • Kegiatan perbaikan/remidi dilaksanakan secara insidental sesuai kebutuhan tiap mata pelajaran.
  • Pendalaman materi pelajaran berupa pengayaan diberikan kepada seluruh peserta didik baik kelas VII, VIII, dan IX.