» » Belajar Attitude dari hal-hal Kecil

Belajar Attitude dari hal-hal Kecil

 “Belajar Attitude dari hal-hal kecil” sebuah kutipan dari guru di SMP Muhammadiyah 2 Depok Bapak Mukti Wijaya,S.kom. Apa yang akan disampaikan oleh Pak Mukti di Muhadesta menyapa pada hari Senin tanggal 1 Februari 2021 melalui akun media sosial Instagram @muhadestaofficial ini? lantas kenapa harus attitude?  di era revolusi industry 4.0 atau yang kita kenal sebagai abad 21 , tidak dapat kita pungkiri bahwa begitu banyak siswa cerdas yang dibentuk dari guru-guru cerdas. Tidak mengherankan jika banyak siswa indonesia meraih kejuaraan dalam skala dunia baik dalam bidang akademik maupun non akademik. Namun ketika kita memandang dengan kacamata Attitude, di zaman sekarang masih banyak siswa yang kurang bisa bertata krama, kurang sopan santun, serta susah diatur dan mereka seakan akan tidak peduli dengan aturan yang ada. Perlu banyak waktu untuk mengubah seorang pembangkang menjadi seorang disiplin, seorang pemalas menjadi pejuang.

Sejenak kita renungkan, bagaimana keluh kesah serta jerih payah dari orang tua kita yang membiayai sekolah kita, apa yang mereka harapkan? mereka hanya berharap kelak kau akan menjadi manusia yang berguna dan lebih baik. Hargai apa yang sudah mereka upayakan untukmu, dan buktikan pada mereka ‘Kau adalah pelajar yang baik’ dengan prestasi-akhlak mulia tentunya dengan attitude yang baik. Sejatinya sekolah adalah untuk belajar mengenai ilmu yang bermanfaat untuk kemudian hari.

Pentingkah Attitude bagi seseorang bahkan untuk seorang pelajar? tentu saja jawabannya “iya”, Attitude berkaitan dengan sikap atau perilaku seseorang dalam berinteraksi dengan sesama manusia yang bersumber dari hati. Attitude itu sangat penting bagi seseorang bahkan bagi seorang pelajar ,karena tidak akan ada orang atau instansi yang menerima seorang pemalas, pembangkang serta mempunyai attitude yang buruk. Adapun hal-hal yang dapat kita pelajari mengenai attitude diantaranya:

Berikut ini mengenai Attitude dari hal hal yang kecil:

  1. Jangan menelpon seseorang lebih dari dua kali secara terus menerus. jika mereka tidak mengangkat telepon kalian, berarti mereka memiliki sesuatu yang lebih penting untuk diperhatikan.
  2. Ketika seseorang menjatuhkan sesuatu di lantai secara tidak sengaja atau menjatuhkan makanan dari piring. Jangan menatap wajah mereka.
  3. Jangan berdiri disamping orang yang sedang menggunakan wastafel, Itu membuat gelisah dan tidak nyaman bagi orang yang ada disitu. Jadi berdirilah antri dibelakangnya. Atau bisa menggunakan wastafel yang lain jika ada.
  4. Sebaiknya segera kembalikan uang yang telah kalian pinjam, bahkan sebelum orang lain ingat meminjamkannya kepada kalian. Baik itu Rp500 rupiah atau Rp50.000. Ini menunjukkan karakter kalian. Sama halnya dengan bolpaint, pensil dan penghapus.
  5. Jangan pernah memesan hidangan mahal ketika seseorang mentraktir makanan. Jika mungkin minta mereka untuk memesan makanan pilihan mereka untuk kita.
  6. Selalu buka pintu untuk orang yang datang di belakang kalian. Tidak masalah apakah itu laki-laki atau perempuan, tua atau muda. kalian tidak menjadi kecil dengan memperlakukan seseorang dengan baik di depan umum.
  7. Jika anda naik transportasi lain dengan teman dan ia membayar sekarang, anda membayar lain kali ya.
  8. Hormati pendapat seseorang yang berbeda.
  9. Jangan pernah menyela pembicaraan orang.
  10. Jika anda bercanda dengan teman, dan sepertinya mereka tidak menikmatinya. Segera hentikan.
  11. Ucapkan “Terima kasih” ketika seseorang membantu kita, atau ketika kita membayar sesuatu kepada penjual.
  12. Pujilah orang lain di depan umum, mengkriktik secara pribadi (kecuali saat forum diskusi).
  13. Jangan mengomentari berat badan seseorang. Karena jika mereka ingin berbicara tentang menurunkan berat badan, mereka akan melakukannya sebelum kalian berkomentar.
  14. Jika kalian hendak berpergian menggunakan transportasi umum, usahakan untuk mandi sebelumnya. Agar orang di sebelah kalian merasa nyaman dan mereka pasti akan menghargainya.
  15. Ketika seseorang menunjukkan foto pada ponselnya kepada kalian, jangan geser ke kiri atau kanan. Kalian tidak pernah tau apa selanjutnya.
  16. Perlakukanlah petugas kebersihan dengan rasa hormat yang sama seperti anda memperlakukan orang lain.
  17. Jika seseorang berbicara langsung kepada kalian, tetapi kalian malah menatap HP, maka kalian tidak sopan.
  18. Jangan pernah memberi saran sampai kalian diminta. Atau kalau dirasa penting, ijin mau memberi saran boleh atau tidak.
  19. Jangan membuat rencana di depan mereka yang tidak kamu libatkan.
  20. Jangan berbicara dengan seseorang jika mereka sedang menggunakan headset.
  21. Ketika anda bertemu seseorang setelah waktu yang lama, janganlah tanyakan umur dan gajinya kecuali mereka ingin membicarakannya.
  22. Ketika seorang teman menawarkan kalian makanan, kalian bisa dengan sopan menolaknya dengan mengatakan Tidak (jika memang tidak mau). Tapi, jangan lakukan ini setelah mencicipi atau menciumnya. Jika kalian lakukan itu, ibaratnya kalian telah menghina orang yang telah menawarkannya kepada kita, meskipun kalian tidak bermaksud demikian.
  1. Ketika seseorang mulai berbicara tentang penyakitnya, jangan mulai membicarakan penyakit kalian.
  2. Seandainya seseorang yang anda kenal memiliki perubahan penampilan yang jelas. misalnya kenaikan/penurunan berat badan, jerawat, bekas luka, jangan pernah mengomentarinya sampai mereka membicarakannya dengan kalian. Mereka sudah tahu apa yang terjadi pada mereka. Jadi hargai mereka ya.
  3. Pikirkan urusan kalian sendiri. Kecuali jika ada sesuatu yang melibatkan kalian secara langsung. Jangan ikut campur.
  4. Jangan menyamakan kekuatan orang lain dalam menghadapi suatu masalah dengan kekuatanmu, jelas berbeda.
  5. Budayakan mengucapkan Maaf, Tolong dan Terimakasih.
  6. Jika kita punya Attitude yang baik. Manakah yang seharusnya di utamakan untuk duduk di kursi penumpang, apakah pria bertongkat atau ibu yang sedang hamil? Apa alasannya? Coba kalian jawab di kolom komentar ya

Nah itulah beberapa point yang dapat kita pelajari mengenai attitude dari hal-hal kecil, semoga kita semua dapat menaplikasikanya dalam kehidupan sehari-hari. Terimakasih

“Kita harus memiliki Attitude dalam keseharian, karena Attitude berpengaruh terhadap keseuksesan” (Mukti Wijaya, S.Kom.)

 

Narasumber: Mukti Wijaya, S.Kom.
Content Writer: Beti Rahayu, S.Pd.

INFO PPDB 2021/2022. Miss Lisa: 0856-5361-213

muhadestaBERITA SEKOLAHattitude,muhadesta,muhadestajuara,muhadestamenyapa
 “Belajar Attitude dari hal-hal kecil” sebuah kutipan dari guru di SMP Muhammadiyah 2 Depok Bapak Mukti Wijaya,S.kom. Apa yang akan disampaikan oleh Pak Mukti di Muhadesta menyapa pada hari Senin tanggal 1 Februari 2021 melalui akun media sosial Instagram @muhadestaofficial ini? lantas kenapa harus attitude?  di era revolusi industry...

Related Posts

LAKSANAKAN ASPD, SMP MUHAMMADIYAH 2 DEPOK TERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN SECARA KETAT

SENI SEBAGAI MEDIA EKSPRESI

SENI SEBAGAI MEDIA EKSPRESI

Alur Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) SMP Muhammadiyah 2 Depok Tahun Pelajaran 2021-2022

Alur Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) SMP Muhammadiyah 2 Depok Tahun Pelajaran 2021-2022

Manfaat Belajar Musik Bagi Kehidupan

Manfaat Belajar Musik Bagi Kehidupan

TIME MANAGEMENT : MENGGUNAKAN WAKTU  SECARA EFEKTIF DAN EFISIEN

TIME MANAGEMENT : MENGGUNAKAN WAKTU SECARA EFEKTIF DAN EFISIEN

BIJAK DALAM BERMEDIA SOSIAL

BIJAK DALAM BERMEDIA SOSIAL

Tinggalkan Balasan